Selasa, 15 Januari 2013

manfaat alpukat


MANFAAT BUAH ALPUKAT BAGI KESEHATAN DAN KECANTIKAN


Manfaat buah Alpukat bagi kesehatan dan kecantikan. Alpukat atau dalam bahasa latinnya Persea Americana Mill ini memiliki banyak manfaat yang terkandung dari dalam buahnya, baik dalam kesehatan maupun kecantikan. Buah Alpukat mudah dijumpai di daerah tropis seperti di Indonesia. Jadi para sahabat Rahasia Sehat dapat dengan mudah mendapatkan buah ini.
Banyak orang masih sering salah sangka dengan kandungan gizi alpukat, lantaran sangat berlemak. Alpukat memang memiliki kadar lemak tinggi diantara semua jenis buah-buahan. Namun total kalorinya tidaklah tinggi karena kandungan karbohidratnya terbatas. Lemak alpukat termasuk lemak tak jenuh tunggal, sehingga tidak akan menyebabkan naiknya berat badan.
Satu buah alpukat mengandung nutrisi kalsium 23 mg, fosfor 95 mg, zat besi 1,4 mg, sodium 9 mg, potassiummm 1,368 mg, vitamin A 660 Iu, niacin 8,6 mg dan vitamin C 82 mg.
Baca Juga :
7 Daftar Buah Penambah Energi Tubuh
MANFAAT BUAH ALPUKAT BAGI KESEHATAN :
  1. Kesehatan Jantung.
    Alpukat bebas kolesterol. Meskipun mengandung kandungan lemak yang tinggi, namun lemak di dalam alpukat kebanyakan mengandung monounsaturated. Di mana monounsaturated bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  2. Pencegah Stroke.
    Buah alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi sekali. Kandungan folat bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi folat kemungkin terserang stroke akan lebih diminimalisir
  3. Mencegah Anemia.
    Di dalam buah alpukat terdapat zat besi dan tembaga. Zat besi dan tembaga sangat besar peranannya dalam membentuk sel darah merah. Maka makan buah alpukat secara teratur dapat mencegah terjadinya anemia.
  4. Mengendalikan Kolesterol.
    Kandungan beta-sitosterol pada alpukat juga berfungsi sebagai anti-cholesterol yang dapat melindungi tubuh untuk mengendalikan kolesterol.
MANFAAT BUAH ALPUKAT BAGI KECANTIKAN :
  1. Mengencangkan Kulit.
    Manfaat alpukat yang pertama adalah untuk mengencangkan kulit wajah, karena alpukat mempunyai kandungan vitamin A dan vitamin E sehingga dapat membantu untuk mengencangkan kulit, menghaluskan kulit, dan menghilangkan kerutan pada kulit wajah. Untuk mengencangkan kulit wajah bisa menggunakan masker alpukat.
  2. Pelembab Wajah.
    Selain dapat mengencangkan kulit, manfaat buah alpukat juga dapat digunakan sebagai pelembab wajah. Caranya juga cukup mudah untuk diikuti dirumah, hanya dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, setelah itu gosoklah wajah dengan menggunakan kulit bagian dalam buah alpukat, lalu diamkanlah selama 15 menit. Setelah itu bilaslah dengan air hangat, dan kemudian bilaslah lagi dengan menggunakan air dingin, sehingga pori-pori yang terbuka tadi dapat tertutup kembali.
  3. Rambut Berkilau.
    Selain untuk perawatan wajah, manfaat buah alpukat juga dapat digunakan untuk perawatan rambut. salah satunya adalah untuk membuat rambut menjadi tampak berkilau dan lembut. Caranya dengan ambillah 1 buah daging buah alpukat, kemudian haluskanlah daging buah tersebut, setelah itu tambahkanlah 1 buah kuning telur, dan satu setengah sendok teh minyak zaitun, lalu aduklah hingga rata. Setelah itu oleskankah pada rambut sambil dipijat-pijat dengan lembut. Sebaiknya diamkanlah selama 25 menit setelah itu bilaslah dengan shampoo hingga bersih.
Sekian pembahasan tentang Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Kecantikan. Semoga berguna bagi kita semua dan tetap sehat dalam menjalani hidup.
DAFTAR PUSTAKA
Almatsier, Sunita, 2001, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Gramedia, Jakarta
Supriyono,  2010, Kumpulan  Bahan Ajar untuk Mahasiswa  Kebidanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar