Selasa, 15 Januari 2013

manfaat buah anggur


MANFAAT  BUAH  ANGGUR  UNTU K KESEHATAN


Dewasa ini banyak ragam penyakit yang bermunculan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh gaya hidup masyarakat yang terkadang lupa akan arti penting kesehatan. Seperti bekerja hingga larut malam, merokok berlebihan, makanan fastfood, jarang mengkonsumsi serat dan jarang berolahraga.
Seseorang yang menderita sebuah penyakit tertentu, pastinya akan segera mencari cara bagaimana mengatasi dan menyembuhkan  penyakit yang sedang dideritanya. Biasa orang akan langsung pergi ke dokter agar segera mendapat pertolongan. Namun selain obat, ada baiknya anda juga mengontrol pola makan. Karena kebiasaan makan kita sering kali berpengaruh pada penyakit yang muncul. Mulailah makan makanan sehat seperti buah.
Buah banyak mengandung zat yang sangat penting bagi tubuh. Salah satu contohnya adalah buah anggur. Tak banyak yang mengira jika buah mungil ini memiliki kandungan fantastis yang dapat membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit. Mau tahu apa saja manfaat alami buah anggur? Yuk baca sampai habis artikelnya
Buah anggur biasanya berbentuk bulat atau lonjong. Warnanya pun bervariasi, hijau, ungu, dan juga merah. Rasanya yang manis dan juga asam sangat menyegarkan. Kandungan bermanfaat dalam buah anggur bukan hanya terdapat pada dagingnya saja, tetapi juga pada kulit dan bijinya. Berikut beberapa manfaat alami buah anggur untuk kesehatan.


MENCEGAH PENYAKIT KANKER
Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan ditakuti manusia. Untuk mencegah penyakit kanker secara alami, baiknya anda mengkonsumsi buah mungil ini. Kandungan senyawa dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penyakit berbahaya ini. Flavonoid yang terkandung dalam buah dan ekstrak biji anggur dapat mematikan sel kanker dan juga membantu mengurangi resiko terkena penyakit kanker tertentu. Di dalam buah anggur, terdapat senyawa yang dapat melindungi sel dari radiasi ultraviolet dalam pancaran sinar matahari, yang merupakan penyebab utama kanker kulit.
SEMBELIT
Sembelit atau Konstipasi adalah suatu kelainan pada system pencernaan manusia, sehingga menyebabkan proses pembuangan kotoran berupa feses atau tinja menjadi sulit dikeluarkan. Hal ini diikuti pula oleh rasa sakit ketika mencoba untuk mengeluarkan kotoran tersebut. Sembelit disebabkan karena adanya pengerasan feses, hal ini terjadi karena beberapa sebab. Seperti, kurangnya memakan makanan berserat, kurang minum air putih, terlalu banyak duduk, dan kebiasaan menunda BAB. Buah anggur yang mengandung asam organic, gula, dan selulosa dapat berfungsi sebagai obat pencahar. Hal ini dapat meringankan konstipasi kronis dan dapat mengatasi keluhan susah BAB.
ASMA
Asma adalah gangguan pada saluran pernafasan yang menjadikannya peka terhadap berbagai rangsangan. Penyakit ini dapat menyerang berbagai umur, baik anak-anak ataupun orang dewasa. Bagi kamu yang memiliki asma, coba deh untuk mengkonsumsi buah anggur. Kelembaban pada paru-paru dapat ditingkatkan memalui anggur yang memiliki daya asimilasi yang baik. Dengan kandungan tersebut dapat mengurangi masalah sesak nafas yang terjadi saat asma.
MIGRAIN
Kamu pernah merasakan sakitnya kepala di saat migraine? Wah pasti rasanya sakit sekali kan? Perut terasa mual sehingga ingin muntah, rasa sakit yang terus meyiksa dan terkadang  muncul berselang-selang, apalagi yang terasa sakit hanya sebelah bagian saja, rasanya jadi serba salah deh. Migrain atau sakit kepala sebelah umumnya menyerang baik wanita maupun pria. Tahukah kamu bahwa anggur selain enak dikonsumsi, ternyata dapat membantu kita untuk menyembuhkan migrain? Caranya adalah dengan mengkonsumsi anggur setiap pagi. Baik diminum dengan cara dijadikan jus ataupun dimakan secara langsung.
Jadi sekarang sudah pada tahu kan kalau buah kecil ini memiliki beragam manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit secara alami. semoga artikel ini bisa membantu menjawab pertanyaan dan rasa ingin tahu kamu. jadi, jangan malas untuk mengkonsumsi buah anggur ya. Selamat mencoba.
DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar