Minggu, 20 Januari 2013

manfaat buah apel untuk kesehatan



MANFAAT BUAH APEL UNTUK KESEHATAN TUBUH

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh sangat banyak sekali. Sebelum kita membahas lebih lanjut manfaat buah apel, kita berkenalan dulu dengan buah apel. Buah apel masih dalam keluarga Rosaceae dan batang pohon apel bisa mencapai 2,5 meter tingginya. Ada berbagai macam jenis buah apel, Bahkan sampai saat ini di ketahui ada sekitar 2.000 varietas Apel. Apel adalah salah satu buah paling banyak dikonsumsi di dunia, karena manfaat buah apel dapat membantu menjaga integritas kesehatan kita jauh dari berbagai jenis penyakit.
KANDUNGAN BUAH APEL
Sekitar 85% dari berat apel terdiri dari air, dan dari 9% terdiri dari gula, untuk karakteristik kimianya 12%, tidak memiliki kontraindikasi bagi penderita diabetes. Buah apel memiliki vitamin yang sangat penting seperti vitamin A, B1, B2, C , asam organik, mineral dan elemen seperti kalsium, klorin, zat besi, tembaga, magnesium, belerang, potasium, fosfor. dan yang paling akhir ada pektin yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah.
MANFAAT BUAH APEL UNTUK KESEHATAN TUBUH
  1. Baik Untuk Pencernaan.
    Buah Apel yang kaya serat membantu dalam pencernaan. Konsumsi secara teratur apel memastikan gerakan usus halus dan membantu dalam mencegah consitipation dan gangguan perut.
  2. Membantu menurunkan kolesterol.
    Sebuah apel ukuran sedang menyediakan sekitar 5 gram serat. Serat itu, membantu menurunkan kolesterol darah karena berperan dalam mengikat lemak di usus.
  3. Mencegah Anemia.
    Buah Apel berguna dalam treting anemia karena kaya dalam apel. Anemia adalah kekurangan hemoglobin dalam darah yang dapat ditingkatkan dengan asupan zat besi makanan yang kaya seperti apel.
  4. Asam Urat dan Disentri.
    Buah Apel juga membantu dalam mengobati asam urat, dan disentri. Penelitian terbaru juga mengungkapkan bahwa apel memiliki bahan kimia seperti flavonoid dan polifenol yang dapat membantu melawan kanker. Oleh karena itu, benar apa kata “Makan Apel Sehari Membantu Dokter Gigi”
  5. Gangguan mata.
    Buah Apel diyakini membuat mata yang kuat dan meningkatkan penglihatan yang bagu. Hal ini juga membantu dalam mengobati rabun senja.
  6. Penyembuhan Rematik.
    Pasien yang menderita rematik mengkonsumsi apel sangat berguna karena membantu dalam proses penyembuhan.
  7. Program Diet.
    Manfaat buah Apel yang lain adalah kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.
    Selain itu manfaat serat di buah Apel yaitu mengurangi lemak dan kolesterol. Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.
Sekian pembahasan tentang Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh. Semoga berguna bagi kita semua dan tetap sehat dalam menjalani hidup.
DAFTAR PUSTAKA
Yulianti,Safrida dkk. 2009. Khasiat dan manfaaat apel. Jakarta: Argo Media Pustaka.
http://vivanews.com/news/read/215844-keajaiban-di-balik-nikmatnya-apel
http://4r12y.wordpress.com/2011/04/26/khasiat-buah-apel-untuk-wanita/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar