Rabu, 23 Januari 2013

manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan



MANFAAT BUAH KELENGKENG  BAIK BAGI KESEHATAN ASAL TIDAK BERLEBIHAN


Buah lengkeng atau biasa disebut kelengkeng ini dikenal sebagai buah yang manis dan menyegarkan karena kandungan cairannya yang tinggi. Namun, selain rasanya yang manis dan menyegarkan, ternyata manfaat buah kelengkeng sangat beragam. Buah ini mampu meredakan beberapa penyakit.
Manfaat buah kelengkeng sangat beragam dikarenakan kandungan dalam buah ini pun juga sangat beragam, diantaranya vitamin A, vitamin B, sukrosa, glukosa dan lain sebagainya. Melihat kandungan dari buah ini, tak heran jika buah kelengkeng sangat bermanfaat untuk kesehatan.
Salah satu manfaat buah kelengkeng adalah berasal dari kandungan fruktosa. Fruktosa merupakan senyawa yang mampu membantu kadar gula dalam darah. Sedangkan dalam buah ini juga mengandung glukosa yang merupakan gula kurang baik untuk tubuh dan berbahaya jika dikonsumsi berlebih oleh penderita diabetes melitus. Namun, kombinasi dari senyawa ini mampu memberikan efek mengendurkan sel syaraf.
Bagi anda yang menderita insomnia, jangan terburu-buru untuk segera minum obat penenang. Yang alami jauh lebih aman, baik dan tentunya lebih murah. Anda dapat mengambil manfaat buah kelengkeng untuk mengatasi insomnia, jantung berdebar dan rasa gelisah tanpa sebab. Maka, tak heran jika buah kelengkeng ini biasa disebut sebagai obat alami pengusir gelisah.
Manfaat buah kelengkeng yang lain adalah buah ini mampu memperlancar kinerja usus dan proses pencernaan, melancarkan buang air kecil, meredakan sakit kepala, mengurangi ke-putihan dan hernia. Selain untuk kesehatan, buah ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan dalam buah ini mampu sebagai agen antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit anda akan senantiasa terjaga.
Melihat manfaat buah kelengkeng yang begitu banyak, tak heran jika buah ini sering digunakan sebagai hidangan pencuci mulut ataupun sebagai cemilan saat menonton tv. Namun, meskipun kelengkeng merupakan obat alami, bukan berarti anda bebas makan sepuasnya. Mengingat kandungan alkohol yang tinggi dari buah ini, sebaiknya anda membatasi dalam pemakaiannya karena akan memberikan efek pusing. Kandungan alkohol yang tinggi ini terdapat pada buah kelengkeng yang terlalu masak yang disebabkan efek fermentasi.
Nah itulah beberapa manfaat buah kelengkeng khususnya untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda.
Daftar pustaka
by hanamichi s on 2 October, 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar