Rabu, 23 Januari 2013

manfaat susu sapi murni



Manfaat susu sapi murni




Susu sapi tetap yang terhebat ?. Setiap 100 gram susu terkandung panas sebesar 70.5 kilokalori, protein sebanyak 3.4 gram, lemak 3.7 gram, mengandung kalsium sebesar 125 miligram, sementara prosentase penyerapan dalam tubuh sebesar 98% – 100%.

Di dalam susu terkandung vitamin B2 dan vitamin A, selain protein juga terdapat macam-macam asam amino yang penting untuk pertumbuhan tubuh. Sekarang,
susu sapi dijuluki sebagai bahan makanan dengan kandungan vitamin lengkap, juga sebagai “darah putih” yang membantu kesehatan tubuh manusia.

Dengan mengkonsumsi minimal segelas setiap hari, maka Anda akan mendapatkan banyak
manfaat susu bagi tubuh, Seperti :

    * Kandungan potassiumnya dapat menggerakan dinding pembuluh darah sehingga mampu menjaganya agar tetap stabil. Sehingga Anda jauh dari penyakit darah tinggi serta penyakit jantung.
    * Kandungan yodium, seng dan leticin-nya dapat meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar.
    * Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu dapat mempertahankan kulit agar tetap bersinar.
    * Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan dan membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak.
    * Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah tulang menuyusut dan patah tulang.
    * Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.
    * Kandungan Seng pada susu sapi dapat menyembuhkan luka dengan cepat.
    * Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.

Apapun susu pilihan Anda, baik
susu sapi maupun susu kedelai, pastikan bahwa Anda mengkonsumnya dalam jumah yang cukup dan pas. Sehingga manfaat susu kedelai atau susu sapi bisa benar-benar dirasakan oleh tubuh.

Tapi menurut Da Zhong Jian Kang Wang
Orang-orang yang mengkonsumsi segelas susu setiap harinya minimal mendapat 11 macam manfaat dari susu :

1. Susu mengandung potassium, yang dapat menggerakan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi untuk menjaganya agar tetap stabil, mengurangi bahaya akibat apopleksi, juga dapat mencegah penyakit darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Dapat menetralisir racun seperti logam, timah dan cadmium dari bahan makanan lain yang diserap oleh tubuh.

3. ASI (Air Susu Ibu) dan kandungan lemak di dalamnya dapat memperkuat daya tahan fungsi syaraf, mencegah pertumbuhan tumor pada sel tubuh.

4. Kandungan tyrosine dalam susu dapat mendorong hormon kegembiraan—unsur serum dalam darah tumbuh dalam skala besar.

5. Kandungan yodium, seng dan leticin dapat meningkatkan secara drastis keefisiensian kerja otak besar.

6. Zat besi, tembaga dan vitamin A dalam susu mempunyai fungsi terhadap kecantikan, yaitu dapat mempertahankan
kulit agar tetap bersinar.

7. Kalsium susu dapat menambah kekuatan tulang, mencegah tulang menuyusut dan patah tulang.

8. Kandungan magnesium dalam susu dapat membuat jantung dan sistem syaraf tahan terhadap kelelahan.

9. Kandungan Seng pada susu sapi dapat menyembuhkan luka dengan cepat.

10. Kandungan vitamin B2 di dalam susu sapi dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.

11. Minum susu sebelum tidur dapat membantu tidur.

Berikut kita akan membahas manfaat susu kedelai, tidak seperti susu sapi yang sudah kita tahu semua manfaatnya untuk tubuh, susu kedelai yang sering kita jumpai disekitar kita mungkin hanya sedikit manfaat susu kedelai yang kita tahu. Tahukah Anda bahwa sebenarnya kebutuhan protein tubuh dalam sehari sebanyak 30 % sudah dapat terpenuhi hanya dengan 2 gelas dari manfaat susu kedelai. Jadi jika sekarang harga susu melambung tinggi, maka susu kedelai  bisa dijadikan alternatif sebagai penggantinya.

Hal ini karena komposisi dan manfaat susu kedelai hampir sama dengan susu sapi. Apalagi susu kedelai sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang alergi susu sapi, yaitu orang-orang yang tidak punya atau kurang enzim laktase dalam saluran pencernaannya, sehingga tidak mampu mencerna laktosa dalam susu sapi.

Kandungan nutrisi susu kedelai.
manfaat susu kedelai. Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin B2, B2 niasin, piridoksin, dan golongan vitamin B yang tinggi. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah cukup banyak ialah vitamin E dan K. Saat ini di pasaran ada 2 (dua) jenis susu kedelai, cair dan bubuk. Namun susu kedelai cairlah yang saat ini lebih banyak dibuat untuk diperdagangkan. Manfaat Susu kedalai dapat disajikan dalam bentuk murni, artinya tanpa penambahan gula dan cita rasa baru.

Aroma susu kedelai memang agak langu (bunny flavor) karena itu untuk menguranginya bisa ditambahkan gula atau flavor seperti moka, pandan, vanili, cokelat, stroberi, dan lain-lain. Penambahan gula biasanya sekitar 5 – 7% dari berat susu. Bila penambahan kadar gula lebih dari 11% dapat menyebabkan cepat kenyang. Seperti halnya susu sapi, susu kedelai juga dapat dibuat menjadi susu asam. Kalau susu asam yang dibuat dari susu sapi disebut yoghurt, maka susu asam dari susu kedelai dinamakan soyghurt.
DAFTAR PUSTAKA

Pantastico, er.b. 1989. Fisiologi Pasca Panen, Penanganan dan Pemanfaatan Buag-Buahan dan Sayur-Sayuran Tropik dan Tropika. Penerbit Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Sri Handajani, 1994. Pasaca Panen Hasil Pertanian. Penerbi Sebelas Maret University Press. Surakarta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar